Istilah Tanaman Utama Glosarium

Fisiologi Tumbuhan

simpul


Node adalah tempat pada batang di mana daun menempel, dan kuncup berada. Tunas mungkin tersembunyi ke dalam batang, tetapi buku biasanya sedikit lebih bengkak daripada bagian batang lainnya.

tangkai daun


Tangkai daun. Ingat, apa yang Anda lihat tidak seperti yang terlihat! Daun hanya berasal dari kuncup pada batang. Untuk penipu seperti tanaman ZZ, batang sejati berada di bawah tanah, dan yang Anda lihat adalah tangkai daun.

Tangkai


Tempatkan pada tanaman di mana daun dan kuncup terbentuk. Biasanya batangnya memanjang, batangnya bisa di atas tanah, atau di bawah tanah.

Akar petualang


Akar yang dihasilkan dari batang, dan bukan dari jaringan akar sejati. Setiap akar dalam monokotil adalah adventif, karena akar sejati mati segera setelah terminasi. Akar adventif dapat diproduksi untuk menstabilkan tanaman, atau untuk meraih permukaan, seperti di Monsteras dan Pothos. Akar adventif lainnya dapat berfungsi sebagai akar sebenarnya.

tunas


Tempat di batang di mana pertumbuhan baru berasal. Ada tunas terminal di ujung batang, dan sering juga tunas lateral. Pada beberapa tanaman, mereka mungkin terlihat jelas, atau berkurang dan tersembunyi di dalam batang sehingga praktis tidak terlihat. Semua tunas mengandung jaringan meristem – bertanggung jawab untuk semua pertumbuhan. Tunas pucuk dan kuncup akar semuanya mengandung jaringan meristematik—jaringan yang dapat menjadi bagian manapun dari tanaman. Melalui proses hormon yang terkontrol, tanaman mengatur meristem untuk membuat daun baru, bunga, dan banyak lagi.

Banyak tunas terminal menunjukkan apa yang disebut dominasi apikal, di mana meristem apikal menekan pertumbuhan meristem lateral (tunas atas menekan tunas bawah). Untuk membuat tanaman tumbuh bercabang dan menjadi lebih lebat, cukup lepaskan meristem apikal.

Anak Anjing / Pengisap / Klon / Pelari


Tumbuhan yang bereproduksi secara aseksual yang merupakan klon dari induknya. Biasanya cabang dari akar atau batang, ini dapat dipisahkan setelah cukup besar dan ditanam untuk klon tanaman induk.

Hal mencat


Tumbuhan yang beraneka ragam akan memiliki warna atau pola pada daunnya, sedangkan tumbuhan yang tidak beraneka ragam dari spesies yang sama tidak. Tanaman mengembangkan variegasi baik karena mutasi plastid (kloroplas adalah jenis plastid) atau mutasi genom, tetapi mutasi ini membantu tanaman di bawah kondisi cahaya yang lebih intens. Misalnya, pohon karet merah anggur dapat mengembangkan variegasi berwarna krem ​​(secara acak) jika menerima terlalu banyak cahaya. Tanpa variegasi, tanaman mungkin terbakar di bawah sinar matahari. Dengan kata lain, cahaya adalah energi, dan pigmen yang dihasilkan tanaman beraneka ragam membantu menyebarkan kelebihan energi cahaya, memungkinkannya menahan cahaya yang lebih terang daripada varietas yang tidak beraneka ragam.

Jika tidak ada cukup cahaya, tergantung di mana mutasinya, variegasinya bisa memudar. Jika variegasi ada pada gen tanaman, hanya pertumbuhan baru yang akan memudar atau kurang beraneka ragam. Jika mutasi terjadi pada plastida, maka variegasi akan memudar di semua daun secara real time. Memiliki tanaman beraneka ragam dapat menjadi indikator yang baik untuk kondisi cahaya Anda.

Rumputan


Tanaman tidak berkayu apa pun yang bukan tanaman merambat.

Perawatan / Penyakit Tanaman

Basah


Untuk merendam tanaman, pertama-tama tanaman harus berada di dalam pot dengan lubang drainase. Pot ditempatkan dalam mangkuk, dan air dituangkan ke atas tanaman untuk membasahi tanah dari atas, dan alirannya adalah mengisi mangkuk sampai ketinggian air mencapai sekitar setengah inci. Tanaman dibiarkan di sana, dan setelah satu jam atau lebih, lebih banyak air mungkin diperlukan untuk memenuhi tanah. Ini adalah metode yang disukai untuk menyiram tanaman di bawah 4″, atau beberapa epifit.

Memangkas


Pemangkasan sama seperti pemangkasan! Gunting saja tanaman di antara simpul. Pemangkasan adalah cara yang bagus untuk membuat tanaman menjadi lebih lebat. Tunas terminal biasanya menekan tunas lateral, dan pemindahan tunas teronal dengan pemangkasan akan membangunkan tunas lateral, itulah sebabnya tanaman menjadi lebih rimbun.

Repot


Repot tidak selalu berarti menaikkan ukuran pot (1-2″ sekaligus), tetapi bisa berarti hanya mengganti tanah yang ada di sana.

Tanah


Sebuah kata yang begitu berbobot di dunia tumbuhan bahkan diatur oleh hukum! Tanah berasal dari luar-terbuat dari bahan organik, lanau, pasir, dan lempung dengan perbandingan yang berbeda-beda. Apa yang kita gunakan untuk berkebun kontainer/dalam ruangan? Campuran pot! Terdiri dari gambut, vermikulit, perlit, dan satu atau dua bahan lain yang bervariasi, dari serpihan kulit kayu hingga arang hingga pasir.

Cahaya Sedang / Cahaya Belang-belang / Cahaya Tidak Langsung Terang
Semua cukup banyak mengacu pada kondisi cahaya yang sama, memberi atau menerima. Cahaya ini berada di luar sinar matahari langsung, atau sebagian dinaungi dari matahari dengan sedikit sinar matahari, atau mendapat sinar matahari langsung tetapi untuk waktu yang singkat, seperti 2 jam dalam sehari.

Cahaya Terang / Matahari Langsung / Cahaya Tinggi


Sinar matahari langsung mengenai tanaman hampir sepanjang hari.

Cahaya redup


Tidak ada sinar matahari langsung sama sekali atau lebih dari 6′ dari jendela.

Daun pucat


Daun yang menjadi hijau pudar atau putih-hijau karena tidak cukup cahaya (atau kekurangan air pada pakis). Daun juga bisa memucat karena terlalu banyak terkena sinar matahari karena terlalu tiba-tiba meletakkannya di luar ruangan.

Pengelompokan Tumbuhan

Monokotil


Tumbuhan monokotil hanya memiliki satu kotiledon pada saat perkecambahan dari biji. Cronquist, di tahun 50-an membagi sebagian besar tanaman berbunga menjadi monokotil, atau dikotil. Sebagai karakter evolusioner, monokotil semuanya terkait satu sama lain, dan pengelompokannya bersifat monofiletik.

dikotil


Tumbuhan dikotil memiliki dua kotiledon pada saat perkecambahan dari biji. Cronquist, di tahun 50-an membagi sebagian besar tanaman berbunga menjadi monokotil, atau dikotil. Sebagai karakter evolusioner, dikotil semuanya terkait satu sama lain, dan pengelompokannya bersifat monofiletik.

Bentuk / Varietas / Kultivar


Di alam liar, mungkin ada beberapa bentuk spesies. Misalnya, Crassula ovata ‘monstrosa’. Bentuk terjadi ketika ada mutasi spontan pada satu atau beberapa individu yang tidak terkait. Atau mungkin ada bunga aster ungu dan putih dari spesies yang sama di sebuah ladang. Itu varietas yang berbeda.

Kultivar adalah varietas yang dibudidayakan.

Tahunan


Tanaman yang hanya hidup selama satu musim tanam, dari musim semi hingga musim gugur, dan mati dengan embun beku pertama.

Abadi


Sebuah tanaman yang mati dengan embun beku pertama, dan kembali tahun berikutnya, dengan akar tetap hidup tetapi tidak aktif selama musim dingin.

Tanaman Tropis


Tumbuhan apa pun yang berasal dari daerah tropis—beradaptasi dengan lingkungan yang hangat dan lembap. Kebutuhan mereka beragam seperti hutan hujan—dari tumbuhan bawah dengan cahaya rendah hingga tumbuhan kanopi terang dan tumbuhan ladang, ini adalah istilah yang longgar.

Lezat


Setiap tanaman dengan adaptasi untuk lingkungan yang kering dan gersang, seperti daun lilin atau kapasitas penyimpanan air. Tanaman yang dapat bertahan berminggu-minggu tanpa air dan sinar matahari penuh dan panas adalah sukulen. Semua kaktus adalah sukulen, tetapi tidak semua sukulen adalah kaktus. Juga, tanaman lain yang mungkin tidak Anda anggap sukulen mungkin—pohon palem ekor kuda dan tanaman ular memang sukulen!

Benalu


Setiap tanaman yang tumbuh pada tanaman lain dan memiliki adaptasi untuk tidak hidup di tanah. Banyak yang menyerap air melalui daunnya atau telah memodifikasi akar atau bagian lain untuk mendapatkan air.

Angiospermae


Sebuah tanaman berbunga. Meski tidak terlihat berbunga, atau Anda belum pernah melihatnya, bukan berarti tanaman itu tidak berbunga. Palms, Pothos, Calatheas, dan sebagian besar tanaman hias benar-benar berbunga — meskipun jarang di dalam ruangan. Banyak tanaman juga telah memodifikasi bunga yang tidak terlihat seperti bunga sama sekali—misalnya, peperomia dengan tangkai berwarna krem ​​dari bunga tereduksi tanpa kelopak.

Gymnospermae / jenis konifera


Tumbuhan berbiji, penghasil kerucut yang tidak pernah berbunga. Konifer juga dikenal sebagai pohon pinus, tetapi tidak semua gymnospermae seperti pinus. Ginkgo, Cycads, dan Welwitschia adalah contoh utama gymnospermae non-konifer.

Summary
Istilah Tanaman Utama Glosarium
Article Name
Istilah Tanaman Utama Glosarium
Description
Node adalah tempat pada batang di mana daun menempel