Kutu di taman. Apa yang harus dilakukan untuk menghindari kutu dan tungau?

Kutu adalah arakhnida kecil yang membuat karier media luar biasa setiap tahun ketika musim semi tiba. Di mana-mana ada peringatan tentang komplikasi berbahaya setelah gigitan mereka – penyakit Lyme dan ensefalitis tick-borne.

Bahkan lebih dari selusin tahun yang lalu, gigitan kutu dianggap, pertama-tama, sebagai masalah bagi pemetik jamur untuk melewati semak-semak hutan. Saat ini, kita dapat menemukan kutu bahkan di kebun kita sendiri.
berkontribusi pada reproduksi dan penyebaran kutu yang berlebihan di Polandia di luar area lembab alami hutan dimanifestasikan dalam iklim yang memanas dan dalam jangka panjang tanpa musim dingin yang dingin. Arachnida yang tumbuh berlebihan di luar lingkungan asalnya diangkut oleh orang itu sendiri – bawa saja anjing itu dalam perjalanan ke hutan, dan kemudian biarkan dia masuk ke taman, dan setelah beberapa saat kutu akan menembus ke dalamnya selamanya. Terutama jika mereka menemukan kondisi yang menguntungkan – kelompok tanaman yang padat, pakis, kolam, dll. Diharapkan setelah dua musim dingin terakhir, populasi arakhnida ini akan berkurang secara signifikan.

Tahukah Anda bahwa tungau dapat muncul di awal musim semi? Untuk mempelajari lebih lanjut

Kutu biasa, ini merumput


Kutu diklasifikasikan oleh ahli biologi sebagai arakhnida. Lebih dari 900 spesies serangga ini telah dideskripsikan di seluruh dunia. Di Polandia, ada satu – jati biasa (merumput). Betina memiliki panjang 2,5 hingga 4 mm, jantan 1,5 hingga 2,5 mm. Transparansi kutu dengan darah dapat meningkatkan volumenya empat kali lipat.

Untuk seluruh siklus hidup, yang berlangsung sekitar 3 tahun, ia harus minum darah tiga kali – pada tahap larva, nimfa dan dewasa. Kutu dewasa dapat bertahan hidup hingga dua tahun tanpa makanan. Kutu muda terutama mempengaruhi mamalia kecil, tikus dan burung. Remaja dan dewasa menjadi parasit pada spesies mamalia yang lebih besar, termasuk manusia.

Habitat alami kutu adalah daerah hutan yang lembab, terutama di mana pakis tumbuh – daerah hutan pendek. Mereka paling aktif di musim semi dan musim gugur ketika mereka bermigrasi melalui batang dan cabang rumput untuk mencari inang. Di musim panas yang panas, mereka melarikan diri dari suhu tinggi, mencari kelembaban di dekat tanah. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh melindungi diri dari kutu di musim panas. Mereka membawa dua penyakit yang sangat berbahaya – borreliosis dan ensefalitis tick-borne.

Penyakit kutu berbahaya


Penyakit Lyme


Penyakit Lyme adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri (spirochetes) Borrelia burgdorferi, disebarkan oleh kutu. Jika setelah gigitan kutu (walaupun upaya berhasil menghilangkan parasit) kami melihat bintik merah (eritema) pada kulit di lokasi gigitan, seiring berjalannya waktu dan berbentuk cincin, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. dokter. Ini mungkin merupakan tanda infeksi Lyme. Biasanya perubahan seperti itu terjadi dalam sebulan, tetapi ini bukan aturannya.

Penyakit Lyme adalah penyakit berbahaya, dan gejalanya dapat muncul bertahun-tahun setelah gigitan kutu. Gejala pertama menyerupai flu – sakit kepala parah, demam, menggigil, nyeri otot dan sendi, kantuk. Sejauh ini, tidak ada vaksin yang dikembangkan untuk penyakit Lyme, tetapi pengobatannya dengan terapi antibiotik tidak sulit – itu harus dilakukan sesegera mungkin, karena keterlambatan dalam konseling mengancam kompleks kompleks berbagai komplikasi.

Ensefalitis tick-borne

Ensefalitis tick-borne adalah penyakit virus yang disebabkan oleh virus dari keluarga Flaviviridae, yang juga disebarkan oleh kutu. Perkembangan penyakit berlangsung sekitar satu bulan dan berlangsung dalam dua tahap.

Dalam kebanyakan kasus, ensefalitis virus dikacaukan dengan influenza, karena fase pertama penyakit ini menyerupai (demam, nyeri otot dan sendi, radang saluran pernapasan bagian atas). Setelah beberapa hari, gejalanya hilang. Setelah beberapa berikutnya, tahap kedua infeksi dimulai, jauh lebih parah daripada yang pertama. Ada suhu tinggi, fotofobia, nistagmus, gangguan kesadaran, muntah, sakit kepala parah.

Pada infeksi yang lebih parah, gejalanya mungkin mirip dengan meningitis dan ensefalitis spesifik. Harus diakui bahwa pemulihan spontan biasanya terjadi, tetapi ensefalitis tick-borne dapat menyebabkan kematian. Tidak ada obat untuk penyakit ini. Pengobatannya adalah untuk meredakan gejala. Namun, ada vaksin, itulah sebabnya Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan agar orang yang digigit kutu divaksinasi.

Cara menghindari tungau di kebun


Agar tidak mengundang kutu ke kebun Anda sendiri, hindari membuat tempat-tempat yang menyerupai lingkungan alami mereka – semak yang terlalu padat, kolam, tunas yang teduh dan lembab dengan pakis dan tanaman teduh lainnya di bawah pohon, dll. Juga perlu untuk menghilangkan gulma secara teratur , serta sering memotong rumput dengan rendah (yang tidak terlalu baik untuk rumput itu sendiri).

Jika tungau telah muncul di kebun, Anda dapat menyemprot area tersebut dengan salah satu dari beberapa tungau yang tersedia di pasaran, seperti Bug Killer V. Namun, perlu diketahui bahwa produk ini juga beracun bagi jenis serangga lain, termasuk lebah, seperti serta ikan.

Jika kita sudah memiliki tungau di kebun, semua pekerjaan (terutama pemangkasan pohon dan semak, penyiangan, pemotongan rumput) harus dilakukan dengan pakaian yang sesuai – sepatu tinggi, kaus kaki yang dikenakan di atas celana, pakaian yang menempel di tubuh dengan kaki dan lengan panjang. Anda juga perlu menyemprot bagian tubuh yang terbuka dengan salah satu penolak tungau dari berbagai macam produk jenis ini yang tersedia di pasaran.

Apakah kita memiliki tanda centang? Bagaimana cara memeriksanya dan cara menghapusnya


Ketika gigitan kutu terjadi, ingatlah bahwa Anda tidak boleh menggunakan metode “populer” untuk menghilangkan parasit ini – membakar rokok, menghancurkan, atau menyebarkan lemak – yang diduga menyebabkan serangga yang digigit melarikan diri. Itu tidak akan lolos, dan dalam keadaan bahaya yang tinggi, ia akan mengeluarkan lebih banyak air liur atau mengembalikan komposisi pencernaan, sangat meningkatkan risiko tertular penyakit yang ditularkan melalui kutu.

Kembali dari kebun ke rumah, Anda harus hati-hati melihat kulitnya, terutama di tempat-tempat yang sangat disukai kutu – di mana ia lembut: di bawah lutut, di perut, di selangkangan, di bawah bokong. Pada anak-anak, forsep sering menembus leher, tepat di bawah garis rambut, atau di belakang telinga. Kulit harus dipantau dengan cermat, karena saya tidak merasakan kutu – air liur arakhnida ini mengandung anestesi.

Jika kita menemukan kutu, itu harus dihilangkan sesegera mungkin dengan memegang parasit dengan pinset dekat dengan permukaan kulit dan membuat gerakan setengah-putar cepat (menghapus kutu dari kulit dalam bentuk yang berlawanan dari cara itu. dimasukkan).

Setelah mengeluarkan arakhnida, kami memeriksa gigitannya secara detail. Jika Anda melihat residu di pagi hari, Anda harus pergi ke dokter bedah untuk membersihkannya. Setelah menghilangkan kutu, desinfeksi kulit dengan hidrogen peroksida, dan kemudian selama setidaknya satu bulan kami mengamati dengan cermat. Jika terjadi gejala seperti flu, sebaiknya segera hubungi dokter dan beri tahu dia bahwa kita telah digigit kutu.

Summary
Kutu di taman
Article Name
Kutu di taman
Description
Kutu adalah arakhnida kecil yang membuat karier media luar biasa setiap tahun ketika musim semi tiba.