Pir di kebun – menanam, memangkas, memupuk, kapan dan bagaimana menanam pir

Lezat, berair dan manis, pir adalah salah satu buah favorit kami. Sayangnya, menanamnya di kebun bukanlah tugas yang mudah karena pohon pir cukup menuntut. Kami menyarankan cara merawatnya.

Pir tidak mentolerir embun beku dengan baik, mudah sakit (misalnya, pir berkarat), dan tidak mentolerir kekeringan dengan baik. Dengan perawatan yang tidak tepat, mereka mungkin tidak membuang buah selama beberapa tahun, atau menghabiskan sedikit. Juga terjadi bahwa seluruh pohon mati, kelelahan karena kekeringan, embun beku, dan penyakit. Oleh karena itu, sebelum kita memutuskan untuk menanam buah pir, kita harus mengetahui persyaratannya dengan baik.

Pilih tempat yang bagus untuk buah pir


Pir biasanya ditawarkan dicangkokkan ke batang bawah, yang biasanya quince. Ini memiliki banyak keuntungan, tetapi juga beberapa kelemahan, yang meliputi, antara lain, sistem perakaran yang agak lemah, yang menyebabkan pohon lebih cepat menghabiskan nutrisi dari tanah dan lebih rentan terhadap kekeringan dan banjir.

Oleh karena itu, untuk menanam pir, tanah yang subur, humus, dibudidayakan dengan baik, cukup lembab dan permeabel dengan pH sedikit asam harus dialokasikan (pohon-pohon ini tidak menyukai substrat yang mengandung senyawa kalsium).

Pohon juga cukup sensitif terhadap suhu rendah. Di musim dingin, sistem akar mereka dapat membeku (terutama pada varietas yang divaksinasi dengan quince), dan salju musim semi dapat menghancurkan tunas mereka. Untuk alasan ini, pohon pir paling baik ditanam di bagian negara yang lebih hangat, hindari menanamnya di area terbuka dan pondok es, dan memilih tempat di mana mereka hangat, cerah, dan terlindung dari angin.

Cara membuahi buah pir


Selain posisi yang benar mengenai keberhasilan budidaya buah pir, perawatan juga ditentukan. Yang pertama adalah pemupukan. Pir tumbuh menjadi ukuran besar, sehingga mereka dengan cepat kehabisan nutrisi dan elemen penting (termasuk seng, yang memengaruhi kualitas buah, serta zat besi, boron, dan tembaga).

Untuk alasan ini, selama musim tanam, harus diberi makan secara sistematis dengan pupuk multivitamin, dimulai pada awal musim semi dan berakhir pada awal Juli (misalnya, Kompleks YaraMila, Target – pupuk untuk pohon buah-buahan dan semak dengan elemen jejak).

Bibit buah pir tersedia di musim gugur, namun pohon ini paling baik ditanam di musim semi (karena risiko pembekuan pohon muda).

Bagaimana dan kapan memangkas buah pir


Perawatan penting kedua dalam menanam pir adalah pemangkasan yang tepat. Perawatan pertama dilakukan segera setelah menanam pohon, memberikan ketinggian yang tepat (pohon dipotong hingga ketinggian yang diinginkan, misalnya, 80-100 cm dan semua pucuk dihilangkan hingga ketinggian 60 cm).

Pada musim semi tahun kedua, pucuk samping dipersingkat 1/3, dan pemandu memotong 40-50 cm di atas cabang. Selama dua tahun ke depan, mahkota secara bertahap terbentuk, memilih tunas berikutnya di cabang.

Pada tahun keempat, manual untuk cabang terakhir dihapus, yang melengkapi proses pembentukan pohon. Di tahun-tahun berikutnya, salah satu perawatan yang paling penting adalah pemotongan tunas tahunan yang tegak dan berdaun lebat (disebut serigala) yang tumbuh subur di pohon pir dan menaungi cabang-cabang yang lebih rendah.

Ada baiknya juga membuang beberapa tunas tertua setiap tahun karena mereka akan menghasilkan buah yang lebih kecil di tahun-tahun berikutnya.

Jangan lupa menyirami buah pir


Hal penting berikutnya adalah irigasi. Pohon pir sangat sensitif terhadap kekeringan dan harus disiram secara teratur selama periode tanpa hujan.

Kapan dan bagaimana menanam pir


Kondisi buah pir juga mempengaruhi tanggal penanamannya. Di pembibitan, sebagian besar pohon tersedia di musim gugur, tetapi untuk pir, tanggal mulai ini cukup berisiko, karena pohon muda dapat membeku di musim dingin, jadi lebih baik membeli dan menanamnya di musim semi, memilih spesimen yang sehat dan indah.

Jika kita berencana menanam beberapa tanaman di kebun, kita harus menyediakan ruang yang cukup untuk tanaman, menyesuaikan jarak dengan persyaratan varietas atau batang bawah ini (pohon dengan quince cangkok ditanam lebih padat karena setiap 1-15 m, dan divaksinasi pada pir Kaukasia setiap 1, 5-2,5 m). Juga akan baik untuk menanam beberapa varietas yang diserbuki dengan baik di samping satu sama lain, yang akan meningkatkan hasil mereka.

Hindari menanam pir di dekat juniper


Jika memungkinkan, sebaiknya hindari menanam pir di sekitar juniper, karena risiko penyakit yang memberatkan dan melemahkan atau karat buah pir yang disebabkan oleh jamur dua dimensi yang hidup pada kedua spesies tanaman ini meningkat.

Summary
Pir di kebun
Article Name
Pir di kebun
Description
Lezat, berair dan manis, pir adalah salah satu buah favorit kami. Sayangnya, menanamnya di kebun bukanlah tugas yang mudah karena pohon pir cukup menuntut.